DALIL
ADA NYA BID’AH HASANAH
وبسندي المتصلة إلى الإمام مالك بن أنس صاحب الموطأ قال حدثني ابن شهاب عن عروة بن الزبير عن عبد الرحمن بن عبد القاري
Dengan sanad ku dari guruku yg benar2 tersambung smpy ke imam malik bin anas,beliau dr ibnu syihab,dari urwah bin zubair,dari abd rahman bin abd qori
Dengan sanad ku dari guruku yg benar2 tersambung smpy ke imam malik bin anas,beliau dr ibnu syihab,dari urwah bin zubair,dari abd rahman bin abd qori
أنه قال خرجت مع عمر بن الخطاب فى رمضان إلى المسجد
Bhwasanya berkata ia,aku keluar brsama umar bin khattab pd bulan ramadhan ke mesjid
فإذا الناس أوزاع متفرقون يصلى الرجل لنفسه ويصلى الرجل فيصلي بصلاته الرهط
Tiba2 manusia masing2 berpisah2,ada yg sholat sendri,ada jg yg berimaman msng2 yg jumlahnya sdkt2,(maksudnya ada yg sholat tarawh sndri ada jg yg dsana berimaman,dsananya lg berimaman)
فقال عمر : والله إني لأراني لو جمعت هولاء على قارئ واحد لكان أمثل
Lalu umar berkata: demi Allah,aku punya pendapat jikalau aku kumpulkan saja mereka smua ini atas imam (qori) yg satu saja,
فجمعهم على أبي بن كعب قال خرجت معه ليلة أخرى والناس يصلون بصلاة قارئهم
Lalu umar kumpulkan mereka atas ubai bin ka’ab (ini ubai adalah sahabat paling fashih dan qori,smpy2 Allah menyuruh rasul membckan alquran kpd ubai,bhkan dlm riwayat Allah dan jibril brkrim salam kpd ubai ini lwt rasul)
Berkata lg abd rahman : aku keluar lg bersama umar pd malam lain,dan manusia sedang sholat dgn imam mereka (ubai bin ka’ab)
فقال عمر : نعمت البدعة هذه.
Maka berkata lah umar : SEBAIK2,SEBAGUS2 BID’AH ADALAH INI
Pembahasan pertama:
Jikalau ucapan sayidina umar itu lugawi,lalu apakh maulid dan tahlilan jg tdk bs dkategorikan bid’ah lugawi?
Kmdyn bid’ah yg sesat hanya ada pd mslh ibadat bkn duniawi,lalu perkataan sayidina umar tertuju pd brjamaahnya sholat taraweh,apkh sholat taraweh itu bkn hal ibadah?
Kmdyn jikalau taraweh brjamaah itu sblmx adalah sunnah rasul,knp sayidina umar tdk membw ibarat dgn hazihi sunnatun nabi?
Buktinya taraweh itu tdk dkerjakan brjamaah pd zaman rasul sehingga umar menamakan nya BID’AH HASANAH,liat lah dbwh ini
dlm ktb tanwirul hawalik syarah muwattho imam malik (lahir pd thn 90 hijriah dan wafat tahun 179 hjriah) yg dsyarahkan oleh imam jalaluddin sayuti (lahirnya pd tahun 849 hijriah dan wafat beliau tahun 911 hijriah),cetakan darul fikr tahun 2004,halaman 165 baris ke 5 dr bwh ktb,
kalau cetakan tahun 2008,halaman 120 baris ke 13 dr bwh ktb,skrg harga ktbnya sktr 85rb rupiah,
ini nash nya:
ويصح أن يكونوا لا يصلون إلا في بيوتهم أو يصلى الواحد منهم في المسجد.
Dan benar lah keadaan mereka para sahabat tdk sholat taraweh kcwl drmh nya msng2 atau sholat dmesjid juga,cuma sndri2 aja,tanpa imam
ويصح أن يكونوا لم يجمعوا على إمام واحد ولكنهم كانوا يصلون أوزاعا متفرقين
Dan benar jg keadaan mereka tdk berkumpul atas imam yg satu,tp mereka sholat brpisah2 dgn imam masing2,atau sndri2
وقال النووى : معناه استمر الأمر هذه المدة على أن كل واحد يقوم رمضان في بيته منفردا حتى انقضى صدر من خلافة عمر ثم جمعهم عمر على أبي بن كعب فصلى بهم جماعة واستمر العمل على فعلها جماعة.
Berkata imam nawawi (lahir 631- dan wafat thn 676 hijriah) : brlalu ini keadaan atas msng2 sholat taraweh drmh nya sendri2 (tdk ber imaman pd satu imam) sampai pd permulaan ke khalifahan umar,kmdyn beliau kumpulkan mereka atas berimam dgn ubai bin ka’ab,dan sholat lah ia dgn meng imami mereka secara brjamaah,dan stlh itu terus meneruslah brjamaahan
قال الحافظ ابن حجر: قوله الأمر على ذلك أي على ترك الجماعة في التراويح
Berkata imam ibnu hajar asqalani (lahir thn 773 dan wafat tahun 852 hijriah) : maksud al amru Ala zalik adalah atas meninggalkan berjamaah pd tarawih
ولأحمد في رواية ابن ذئب عن الزهري في هذا الحديث ولم يكن رسول الله صلى الله عليه وسلم جمع الناس على القيام
Pd musnad ahmad bin hanbal (lahr tahun 164 wafat tahun 241 hijriah) pd riwayat ibnu zi’bi dr zuhri pd ini : TDK ADA RASULULLAH MENGUMPULKAN SAHABAT UNTUK TARAWIH BERJAMAAH
ما رواه ابن وهب عن أبي هريرة خرج رسول الله صلى الله عليه وسلم وإذا الناس في رمضان يصلون في ناحية المسجد فقال ما هذا ؟ فقيل ناس يصلي بهم أبي بن كعب فقال أصابوا ونعم ما صنعوا . ذكره ابن عبد البر ففيه مسلم بن خالد وهو ضعيف
Adapun hadist yg driwayatkan oleh ibnu wahbin dr abu hurairah :pd wkt bulan ramadhan para shabat sholat taraweh dtengah dbuncu2 msjd,lalu rasul bertanya apa ini? Maka djwb orang : sholat dgn meng imami mereka ubai bin ka’ab,lalu rasul berkata : dapat pahala lah mereka,dan itu sbagus2 perbuatan,
Lalu ibnu abdil bar menyebutkan ddalam nya ada muslim bin khalid,dan hadist ini dhoif (tdk boleh dpke untk suatu hukum)
والمحفوظ أن عمر هو الذي جمع الناس على أبي بن كعب
Dan riwayat yg memang terpelihara ,adalah memang umar yg awal2 mengumpulkan manusia untk taraweh atas imam ubai bin ka’ab,bukan rasulullah,
Berkata imam ibnu hajar asqalani (lahir tahun 773 h,wafat tahun 852 hijriah) dalam ktb beliau fathul baari syarah shohih bukhari di jilid ke 5 halaman 219 cetakan darul kutub ilmiyah baris ke 3 dr bawah yg jumlah jilidnya 16 jilid cetakan tahun 2009 yg harganya dpasaran sbesar 1 juta 100rb rupiah,
قوله قال عمر نعم البدعة ) …
والبدعة أصلها ما أحدث على غير مثال سابق وتطلق في الشرع في مقابل السنة فتكون مذمومة
Bid’ah itu pada asalnya sesuatu yg dbuat baru atas tanpa mencontoh yg tlh lwt,sering dpke orang pd istilah syariat untk lawan sunnah,maka jd lah bid’ah itu jahat,
والتحقيق أنها إن كانت مما تندرج تحت مستحسن في الشرع فهي الحسنة وإن كانت مما تندرج تحت مستقبح في الشرع فهي مستفبحة وإلا فهي من قسم المباح وقد تنقسم إلى الأحكام الخمسة
Tp yg sbnrnya begini,jikalau bid’ah itu masuk pd kebaikan dlm SYARI’AT (bkn duniawi saja atau lugawi),maka iya adalah bid’ah hasanah,tp jika masuk pd kejahatan dlm syariat agama (bkn duniawi saja atau lugawi),maka iya bid’ah mazmumah (jahat),
Tp jika tdk ada masuk pd kebaikan maupun keburukan dalam syariat,MAKA IA TERMASUK MUBAH,dan telah dbagi ulama tntng bid’ah ini menjd 5 hukum
Salah satu bukti adanya bid’ah hasanah dalam syari’at agama adalah perkataan sang mujtahid mutlaq imam syafi’i (lahir tahun 150 dan wafat tahun 204 hijriah)
Dalam ktb hilyatul auliya abu nu’aim al ashfihani (lahir tahun 336 dan wafat tahun 430 hijriah) cetakan darul fikr tahun 1996 brjumlah 11 jilid,hargax skitar 850rb,ada tertulis dlm jilid 9 halaman 113 sktr 4 baris dr bwh ktb nya,nash nya begini
وبسندي المتصلة إلى الحافظ أبو نعيم قال حدثنا أبو بكر الآجري ثنا عبد الله بن محمد العطش ثنا إبرهيم بن الجنيدي ثنا
Dgn sanad ku yg betul2 tersambung smpy ke imam abu nu’aim berkata beliau ,telah meriwayatkn kpd kami oleh abu bakar,haddatsanaa abdullah haddatsana ibrahim,
حرملة بن يحيى قال سمعت محمد بن إدريس الشافعي يقول : البدعة بدعتان،بدعة محمودة وبدعة مذمومة ، فما وافق السنة فهو محمود وما خالف السنة فهو مذموم . واحتج بقول عمر بن الخطاب في قيام رمضان : نعمت البدعة هي
Telah meriwayatkan oleh harmalah bin yahya berkata ia : aku mendgr imam muhammad bin idris syafi’i (lahir tahun 150 h,dan wafat tahun 204 hijriah ) berkata : bermula bid’ah SYARI’AT (alif lam pd kalimat bid’ah itu lil’ahdiz zihni),yaitu 2 macam,
1.bid’ah mahmudaH
2.bid’ah mazmumah
Maka yg mencocoki dgn sunnah,itu mahmudah,yg tdk mencocoki itu mazmumah
Dan beliau mengambil dalil dgn perkataan sayidina umar pd wkt taraweh ramadhan,
Ni’matil bid’atu hiya
Dalam kitab sirojut tholibin syarah minhajul abidin oleh kiyai ihsan jampes kediri,jilid 1 halaman 97 baris ke 4 dari atas cetakan darul fikr tahun 2002 (cetakan bagus) yg harga kitabnya skrg sekitar 90rbn.
Dan yang anehnya cetakan darul kutubil ilmiyah beirut tahun 2006 menulis pengarang kitab itu sayid ahmad zaini dahlan almakki guru dr syekh bakri syato,dan ini mgkn ada kesalahan pd menulis pengaran itu,yg benarnya itu karangan orang indonesia kh.ihsan bin ahmad dahlan kediri,
tertulis ddlmx tntng imam ibnu abdissalam (lahir tahun 557 hjriah-wafat tahun 660 hijriah) membagi bid’ah menjadi 5 hukum
وقسم ابن عبد السلام الحوادث إلى الأحكام الخمسة فقال : البدعة فعل ما لم يعهد في عصر رسول الله
واجبة كتعليم النحو وغريب الكتاب والسنة ونحوهما……
محرمة كمذهب القدرية والجبرية والمجسمة
مندوبة كإحداث الربط والمدارس…
مكروهة كزخرفة المساجد
والمباحة كالمصافحة عقب صلاة الصبح والعصر
Msh dlm halaman ktb sirojut tholibin td,dan nash dbwh ini jg ada dalam ktb fathul mubin syarah arbain karangn ibnu hajar haitami (lahir tahun 909 h- wafat tahun 974 hijriah) cetakan darul minhaj 1 jilid aja halaman 223 baris plng bawah ktb menuju halaman 224 yg harga ktbnya sktr 80rb dpasaran,
وقال الشافعي رضي الله عنه : ما أحدث وخالف كتابا أو سنة أو إجماعا أو أثرا أي القياس فهو بدعة ضلالة، وما أحدث من الخير ولم يخالف شيئا من ذلك فهو البدعة المحمودة
والحاصل أن البدعة الحسنة متفق على ندبها
Dan jg beliau menuliskan dalil maulid nabi yg dkumandangkan oleh imam abu syamah (ulama qurn 600 hijriah)
قال الإمام أبو شامة شيخ النووي : ومن أحسن ما ابتدع في زماننا ما يفعل كل عام في اليوم الموافق ليوم مولده صلى الله عليه وسلم من الصدقة والمعروف وإظهار الزينة والسرور فإن ذلك مع ما فيه من الإحسان إلى الفقراء مشعر بمحبة النبي صلى الله عليه وسلم وتعظيمه وجلالته في قلب فاعل ذلك وشكر لله تعالى على ما من به من إيجاد رسول الله الذي أرسله رحمة للعالمين
Tidak ada komentar:
Posting Komentar